Pengertian Sistem Informasi Singkat dan Lengkap

Pada era modern seperti sekarang ini, pengertian sistem informasi mengacu pada keberadaan suatu sistem yang didesain dengan basis teknologi komputer untuk digunakan sebagai pengolah informasi. Dalam hal ini, sistem informasi bisa saja menyediakan informasi, membagi informasi, menyimpan informasi, dan melakukan pengelolaan terkait segala macam informasi.

Perlu Anda ketahui, di dunia ini ada beragam jenis informasi. Tergantung dari konteks apa Anda melihatnya, misalnya dari konteks keabsahannya, ada informasi nyata atau benar atau asli, ada pula informasi palsu atau gosip atau hoax, dan sebagainya. Tentu saja segala macam informasi di dunia ini akan tersebar tak beraturan jika tidak ada sistem yang mengelolanya. Sehingga keberadaan sistem informasi sebagai perangkat pengelola infomasi ini merupakan kemajuan teknologi berpikir manusia. Dalam konteks ini jangan dibayangkan sistem informasi yang ada adalah sistem informasi kuno yang masih bersifat manual, menggunakan berbagai media yang jika dilihat saat ini tampak sangat ribet.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi Era Kini

Era di mana selfie tengah menjadi tren ini memberikan penawaran yang cukup menggiyurkan untuk pengelolaan informasi secara modern dan simpel. Sekarang sistem informasi basisnya adalah komputer, perangkat “ajaib” yang bisa apa saja. Cukup terhubung dengan jaringan internet, informasi di seluruh dunia, dari belahan bumi mana saja, dapat diakses dalam hitungan detik. Amat sangat cepat, bahkan lebih cepat daripada waktu Anda mengunyah sesendok nasi sarapan Anda setiap pagi.
Inilah perkembangan zaman. Teknologi yang barangkali di zaman purba tak pernah terbayang dalam angan sekalipun, kini adalah kenyataan. Pengertian sistem informasi sebagai teknologi pengolah data informasi kini memang benar-benar layak. Sistem informasi adalah suatu hasil dari kecanggihan tanpa batas.

Dampak Negatif Sistem Informasi

Tanpa batas hingga benar-benar tak ada yang dapat membendung pergerakan aliran informasi. Anda tentu paham betul dengan segala dampak atas permasalahan ini. Kecanggihan sistem informasi dengan pemanfaatan alam maya telah memberikan efek buruk yang menimbulkan beragam tindakan onar manusia yang tidak bertanggungjawab terhadap penyebaran informasi. Ini adalah hukum alam, ketika teknologi semakin maju, maka tindakan manusia akan semakin mundur. Pengertian sistem informasi di sini lebih mengacu pada efek negatif atas keberadaan sistem nan canggih itu.
Facebook Twitter Google+