Pengertian ERD dan Komponen Penyusunnya Lengkap

Pengertian ERD menurut beberapa ahli adalah sebagai suatu teknik untuk membuat gambaran atas kebutuhan data dalam suatu organisasi. EDR sendiri merupakan singkatan dari Entity Relationship Diagram, yang apabila diterjemahkan secara bebas adalah bagan atau sketsa suatu hubungan yang sungguh-sungguh ada. Sedangkan pengertian ERD menurut Brady dan Loonam, yang merupakan para ahli dalam bidang ini, adalah sebagai teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi. Teknik tersebut dilakukan untuk memenuhi persyaratan proyek pengembangan sistem.

Pengertian ERD

Dalam definisi lain pengertian ERD merupakan alat peraga atas desain database yang menjadi dasar sistem informasi yang tengah dikembangkan. Jadi, sampai di sini dapat kita simpulkan bahwa untuk melakukan pengembangan sistem informasi diperlukan desain-desain database sebagai pola awal pengembangan. Keberadaan ERD adalah sebagai alat peraga atas segala desain sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh user pengembang. ERD merupakan model data yang pada gilirannya dapat digunakan untuk spesifikasi database.

Komponen ERD

Dalam memodelkan suatu desain menjadi ERD diperlukan beragam teknik, salah satunya pembuat ERD harus membuat gambar simbol dan beberapa notasi yang menunjukkan makna desain dalam rupa ERD. Ada tiga komponen utama dalam pembuatan ERD, yaitu:
  1. Entitas atau Entity (sesuatu yang sungguh ada): merupakan suatu objek unik yang berbeda dengan yang lain, dan dapat diwujudkan ke dalam basis data. Objek ini memiliki karakter yang menarik untuk dijadikan suatu model. Dalam proses visualisasi ERD, simbol entitas biasanya diwujudkan dalam bentuk persegi panjang dalam posisi horizontal.
  2. Relasi atau Relationship (hubungan): hubungan di sini diartikan sebagai pola yang dipergunakan dalam ERD dalam menghubungkan antar entity, biasanya digambarkan dalam bentuk garis lurus di mana kedua ujungnya menyentuh simbol-simbol entity sebagai tanda penghubung.
  3. Atribut: digunakan untuk memberikan informasi yang lebih rinci tentang segala jenis entitas, sebab setiap entitas memiliki elemen yang berfungsi untuk memberikan deskripsi karakteristik. Atribut selalu digambarkan dengan simbol elips. Atribut terbagi ke dalam beberapa jenis, sebagai berikut: atribut key (gabungan dari beberapa atribut yang dapat digunakan untuk membedekan semua baris data dalam tabel yang unik. 
Contoh: NIM mahasiswa), atribut simple (atribut yang tidak dapat dipecah lagi, contoh: alamat), atribut multivalue (punya lebih dari satu nilai, contoh: sebuah buku yang ditulis oleh beberapa pengarang), atribut composite (atribut yang terdiri dari beberapa atribut lain yang lebih kecil, contoh: nama lengkap yang terdiri dari nama depan, nama tengah, dan nama belakang), atribut derivatif (tidak harus disimpan dalam database, digambarkan dengan garis putus-putus yang membentuk oval. Demikian pengertian ERD beserta komponen-komponen pembuatannya.
Facebook Twitter Google+