Contoh Flowchart dan Cara Membuat yang Baik dan Benar

Untuk dapat membaca contoh flowchart Anda perlu paham dengan makna simbol simbol flowchart dan juga pengertian flowchart itu sendiri. Hal tersebut bukan hanya untuk keperluan mempelajari flowchart yang telah ada, namun dengan mengerti makna simbol simbol flowchart Anda juga dapat membuat contoh flowchart sendiri sesuai standar yang berlaku. Di sini saya akan menjelaskan contoh flowchart yang kerap digunakan. Namun sebelumnya, saya akan menjelaskan tentang pengertian flowchart.

Secara profesional, flowchart adalah sekumpulan simbol-simbol grafis yang yang digambar dengan urutan tertentu sesuai prosedur hingga menjadi tanda atas aliran algoritma. Di sini algoritma dimaknai sebagai suatu prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dengan langkah-langkah tertentu. Sehingga, flowchart dapat juga diartikan sebagai gambar atau simbol yang saling berurutan untuk memberitahukan langkah-langkah atas suatu permasalahan dalam sebuah sistem algoritma untuk diperoleh suatu solusi penyelesaian.

Harus Paham Simbol Flowchart

Dalam pembuatan flowchart, perlu diperhatikan tiga bagian utama yang harus ditransfer dalam wujud gambar diagram. Ketiga bagian utama tersebut adalah bagian input, proses, dan output. Untuk membuat contoh flowchart, ketiga bagian utama tersebut digambarkan dengan berbagai simbol yang telah dipatenkan sebagai simbol-simbol flowchart yang jumlahnya cukup banyak.

Simbol-simbol flowchart pun terbagi ke dalam beberapa kelompok yang dapat menunjukkan fungsi kegunaannya. Kelompok-kelompok tersebut adalah Kelompok Simbol Petunjuk Arus (Flow Direction Symbols), Kelompok Simbol Pemrosesan (Processing Symbols), dan Kelompok Simbol Input dan Output (Input-Output Symbols).

Nah, dalam pembuatan contoh flowchart Anda harus paham dengan berbagai macam simbol yang masuk dalam kelompok-kelompok di atas. Jika Anda telah paham, maka Anda dapat menyusun flowchart dari suatu sistem dengan cara mentransfer kenyataan yang terdapat dalam sistem ke dalam bentuk diagram dalam lembaran kertas dengan menggambarkan simbol-simbol flowchart, kemudian menghubungkan arusnya dengan simbol yang telah ditetapkan.

Menurut penggunaannya, flowchart memiliki beragam jenis, tidak hanya flowchart untuk mempelajari prosedur sistem berbasis komputer, namun juga berbagai macam prosedur yang lain, sepert Flowchart Program, Dokumen, Data, dan Sistem.

Contoh Flowchart Program Sederhana

Contoh Flowchart

Demikian contoh flowchart sederhana yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat selanjutnya baca panduan lengkap cara membuat flowchart.
Facebook Twitter Google+