Simbol Simbol Flowchart Beserta Penjelasannya Lengkap

Untuk dapat membaca flowchart Anda harus mengetahui simbol simbol flowchart. Ada banyak simbol simbol flowchart yang dapat dipergunakan sebagai komponen dalam penyusunan prosedur sistematis tersebut. Berikut simbol simbol flowchart sesuai pengelompokannya.

Flow Direction Symbols

Kelompok Simbol Petunjuk Arus (Flow Direction Symbols)

Simbol simbol flowchart ini dipakai untuk menghubungan antar simbol.
  1. Symbol Off-Line Connector: berbentuk persegi sama sisi dengan sisi bagian bawah membentuk segitiga sama kaki (pentagon). Simbol ini dipakai untuk penghubung keluar masuk antar prosedur dalam satu lembar kerja flowchart dengan lembar kerja selanjutnya.
  2. Symbol Connector: berbentuk lingkaran (oval). Simbol ini dipakai untuk penghubung keluar masuk antar prosedur dalam satu lembar kerja flowchart yang sama.

Kelompok Simbol Pemrosesan (Processing Symbols)

Simbol simbol flowchart ini dipakai untuk memberitahukan tindakan pengolahan pada prosedur.
  1. Symbol Process: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizontal (rectangle). Simbol ini dipakai untuk menunjukkan pengolahan yang dilakukan komputer.
  2. Symbol Manual Operation: berbentuk trapesium yang terbalik (trapezoid). Simbol ini dipakai untuk menunjukkan pengolahan manual, atau tanpa kinerja komputer.
  3. Symbol Decision: berbentuk belah ketupat (diamond). Simbol ini dipakai untuk menunjukkan kondisi yang dapat memberikan beragam kemungkinan aksi.
  4. Symbol Predefined Process: berbentuk persegi enam dengan dua garis yang berada dalam posisi horizontal memiliki ukuran yang lebih panjang daripada garis-garis di sisi lainnya (hexagon). Simbol ini dipakai untuk menyiapkan tempat penyimpanan untuk pengolahan).
  5. Symbol Terminal: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizonyal dengan sudut yang tidak lancip (rounded rectangle). Simbol ini dipakai untuk awal atau akhir dari suatu program.
  6. Symbol Off-Line Storage: berbentuk segitiga sama kaki terbalik (isosceles triangle). Simbol ini dipakai untuk menunjukkan bahwa data yang berada di dalam simbol akan segera disimpan.
  7. Symbol Keying Operation: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizontal dengan sisi sebelah kiri lebih pendek daripada sisi kanan, keduanya dihubungkan dengan garis lurus melalui atas. Simbol ini dipakai untuk menunjukkan operasi menggunakan mesin yang ber-keyboard.

Kelompok Simbol Input dan Output (Input-Output Symbols)

Simbol simbol flowchart ini dipakai untuk media input dan output.
  1. Symbol Input-Output: berbentuk jajar genjang (parallelogram). Simbol ini dipakai untuk menunjukkan proses input dan output tanpa melihat jenis peralatan.
  2. Symbol Magnetic-tape Unit: berbentuk seperti huruf Q kapital. Simbol ini dipakai untuk menyatakan input yang berasal dari pita magnetic, atau menyatakan output akan disimpan ke pita magnetic.
  3. Symbol Punched Card: berbentuk seperti SIM Card telepon seluler. Simbol ini dipakai untuk menyatakan input berasal dari kartu, atau output akan ditulis ke dalam kartu.
  4. Symbol Disk and On-line Storege: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizontal dengan kedua sisi di samping kanan dan kiri terdapat setengah lingkaran yang keduanya menjorok ke kiri. Simbol ini dipakai untuk menyatakan input berasal dari disk, atau output akan disimpan ke disk.
  5. Symbol Display: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizontal dengan sisi sebelah kiri terdapat segitiga sama kaki yang menjorok ke bagian kiri atau bagian luar, dan sisi sebelah kanan terdapat setengah lingkaran yang menjorok ke sebelah kanan atau bagian luar. Simbol ini dipakai untuk menunjukkan bahwa peralatan output terdiri dari layar, plotter, printer, dan lain-lain).
  6. Symbol Document: berbentuk persegi panjang dalam posisi horizontal dengan sisi bagian kiri lebih panjang daripada sisi sebelah kanan, di mana kedua sisi tersebut dihubungkan dengan garis berkelok melalui bagian bawah. Simbol ini dipakai untuk menyatakan input berasal dari kertas, atau output akan dicetak ke dalam kertas. 
Demikian simbol simbol flowchart yang dapat saya sampaikan. Baca kelanjutannya contoh-contoh flowchart.

Facebook Twitter Google+