Pengertian Flowchart Contoh Simbol dan Cara Membuatnya

Pengertian flowchart dapat ditinjau dari penggabungan dua kata asing, yaitu flow yang berarti aliran atau arus, dan chart yang berarti grafik atau diagam. Secara hukum tata bahasa, gabungan dua kata ini memiliki arti “grafik arus”. Sehingga, dengan analisis ini kita dapat mengetahui pengertian flowchart adalah sebagai penampakan atas arus dalam sebuah grafik, tentu saja karena dalam bentuk grafik maka kita dapat melihatnya sebagai art (seni gambar yang dapat disaksikan dengan indra penglihatan: mata).

Pengertian Flowchart Secara Profesional

Secara lebih profesional, pengertian flowchart digambarkan dengan simbol-simbol grafis yang menjadi tanda atas aliran algoritma. Algoritma sendiri adalah suatu prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dengan langkah-langkah tertentu. Sehingga, pengertian flowchart dapat juga diartikan sebagai gambar atau simbol yang saling berurutan untuk memberitahukan langkah-langkah atas suatu permasalahan dalam sebuah sistem algoritma untuk diperoleh suatu solusi penyelesaian.

Pengertian Flowchart

Flowchart dibuat dengan tujuan utama untuk membuat rangkaian sistem informasi menjadi lebih simpel dan mudah dipelajari oleh pengguna awam. Dalam hal ini, pengertian flowchart hampir mirip dengan prosedur pemakaian sesuatu yang dibuat dalam gambar-gambar sederhana. Pembuatan flowchart dengan desain yang sederhana dapat memperjelas, meringkas, dan memperlogis atas suatu prosedur, di mana hal ini akan membuat pengguna atau user atas suatu sistem dapat memahami langkah pemakaian sistem tersebut secara otodidak, atau paling tidak secara lebih mudah, tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain untuk mengajari.

Jenis-jenis Flowchart

Dalam penggunaannya, flowchart memiliki beragam jenis, tidak hanya flowchart untuk mempelajari prosedur sistem berbasis komputer, namun juga berbagai macam prosedur yang lain. Berikut ini beberapa jenis flowchart:
  1. Flowchart Program
  2. Flowchart Dokumen
  3. Flowchart Data
  4. Flowchart Sistem
Keempat jenis flowchart di atas memiliki fungsi utama yang sama, yaitu memberikan gambaran atas diagram aliran sistem yang dimiliki dari setiap objek untuk dipergunakan sebagai beragam prosedur. Perbedaannya terletak pada simbol-simbol pembuatan flowchart atau hal lainnya yang bersifat teknis. Demikian pengertian flowchart dari berbagai analisis, baik manual maupun profesional. Selanjutnya baca berbagai simbol flowchart.
Facebook Twitter Google+