Definisi dan Pengertian Data Warehouse Adalah

Definisi dan Pengertian Data Warehouse Adalah - Dalam pemanfaatan sistem informasi, kemunculan efek data warehouse adalah sebuah kewajaran. Sebab, segala macam data yang dikelola dengan sistem informasi semakin lama jumlahnya akan semakin menumpuk. Data-data yang menumpuk inilah yang kelak disebut sebagai data warehouse.
Secara harfiah, istilah warehouse terbentuk dari dua kata Bahasa Inggris yang masing-masing memiliki makna, yaitu ware yang berarti barang dan house yang berarti rumah. Penggabungan dua kata tersebut sebagai "warehouse" pun dalam Bahasa Inggris memiliki makna tersendiri, yaitu rumah tempat berbagai macam barang, atau yang akrab kita sebut sebagai gudang.
Data Warehouse Adalah

Jika dilihat dari makna katanya, warehouse yang berarti gudang, kita dapat meraba-raba bahwa data warehouse adalah data yang berhubungan dengan data gudang. Dari analisis sederhana tersebut, kita tahu bahwa gudang adalah tempat yang identik digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang-barang yang telah tidak terpakai. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa data warehouse adalah sekumpulan data-data yang barangkali sudah tidak terpakai saat ini, namun masih tetap disimpan dalam suatu ruang demi keperluan di lain waktu.

Data Warehouse Adalah Data Koleksi

Dalam analisis lain, data warehouse juga dapat diartikan sebagai data yang disimpan sebagai sebuah koleksi, yang kelak pada suatu waktu tertentu dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Menurut Ilmuan Vidette Poe, data warehouse adalah database yang bersifat analisis dan read only (hanya dapat dibaca, tanpa dapat di-edit) yang digunakan sebagai dasar atau fondasi dari sistem komputer untuk dipergunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan atau penunjang dalam pengambilan keputusan.

Data warehouse adalah data yang memisahkan beban kerja analisis dan beban kerja transaksi, dengan kata lain, data warehouse adalah data pemisah proses dan hasil, sehingga dapat memungkinkan suatu organisasi melakukan penggabungan atau mengkonsolidasikan data-data dari berbagai sumber.
Ada beberapa karakteristik data warehouse, menurut W.H. Inmon antara lain: Subject Oriented (berorientasi pada subjek untuk menganalisa  data berdasarkan subjek-subjek tertentu), Integrated (terintegrasi dalam penyimpanan data dari berbagai sumber yang terpisah ke dalam suatu format konsisten),  Time Variant (data berasal dari beragam waktu yang berlainan dan memiliki rentang),  Non-Volatile (data tidak mudah menguap, atau tidak di-update secara real time). Data warehouse adalah data-data yang berasal dari berbagai kurun waktu yang menyatu.
Facebook Twitter Google+