8 Komponen Sistem Informasi Secara Lengkap

Apakah Anda pernah mendengar tentang Sistem Informasi? Menurut Anda apakah komponen sistem informasi sama dengan komponen sistem komputer? Mungkin Anda akan sedikit bingung dengan kedua hal tersebut. Baik, akan saya coba bantu menghilangkan kebingungan dalam diri Anda tersebut dengan sedikit penjelasan berdasar sebuah analisis sederhana.

Pada dasarnya, sistem informasi dan sistem komputer adalah sesuatu yang sama. Hanya saja, sistem sistem komputer memiliki penjelasan dan fungsi yang lebih kompleks, sedangkan sistem informasi lebih sederhana dan termasuk dalam bagian sistem komputer. Sistem informasi adalah sistem komputer yang mengelola informasi. Komponen sistem informasi pun tidak jauh berbeda dengan komponen sistem komputer, hanya saja komponen sistem informasi lebih detail daripada komponen sistem komputer yang terdiri dari tiga komponen utama.

Komponen Sistem Informasi

Berikut ini adalah beberapa komponen sistem informasi:

1. Komponen Hardware
Jika dalam sistem komputer komponen hardware adalah segala perangkat keras yang terdiri dari mesin terluar dalam sistem komputer, maka dalam sistem informasi komponen hardware adalah perangkat fisik yang menjadi media penyimpanan data-data informasi, contohnya harddisk, flashdisk, CD, memory card, dan lain-lain.

2. Komponen Software
Software dalam komponen sistem informasi mengacu pada sebuah program yang berfungsi untuk tempat mengolah segala data-data informasi. Misalnya microsoft office excel untuk mengelola data-data numerik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak semua software sistem komputer termasuk software sistem informasi, namun software sistem informasi selalu termasuk software sistem komputer.

3. Komponen Basis Data
Komponen basis data adalah sekumpulan data-data yang telah diolah dan di simpan dalam perangkat hardware. Data-data inilah yang menjadi sistem informasi utama.

4. Komponen Input
Komponen input merupakan metode yang dilakukan untuk memasukkan data-data dari luar ke dalam sistem informasi. Proses inilah nyang dapat menghubungkan antara dunia manual dengan dunia digital melalui perantara user.

5. Komponen Output
Komponen output hampir sama dengan basis data, keduanya merupakan data-data hasil pengolahan dalam sistem informasi, namun komponen output sudah berupa hasil akhir yang siap untuk digunakan sebagai informasi berkualitas untuk semua pengguna sistem informasi.

6. Komponen Model
Komponen model adalah serangkaian model perntah dalam wujud simbol-simbol dan model matematik untuk mengelola data yang di-inputkan ke dalam sistem informasi. Komponen ini termasuk dalam serangkaian program aplikasi dalam komponen software.

7. Komponen Teknologi
Komponen teknologi adalah kotak peralatan (toolbox) yang berguna untuk menjalankan serangkain komponen-komponen sistem informasi secara berurutan sehingga dapat menghasilkan luaran yang berupa data informasi.

8. Komponen Kontrol
Komponen kontrol adalah komponen yang berguna untuk mengendalikan sistem dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan, komponen ini hampir sama fungsinya seperti antivirus.
Demikian penjelasan komponen sistem informasi yang dapat membedakan dengan sistem komputer.
Facebook Twitter Google+