Flowchart Adalah Diagram Arus Adalah

Kata flowchart adalah bentukan atas penggabungan dua kata asing, yaitu flow yang berarti aliran atau arus, dan chart yang berarti grafik atau diagam. Secara hukum tata bahasa, gabungan dua kata ini berarti “grafik arus”. Sehingga, dengan analisis ini kita dapat mengetahui bahwa flowchart adalah penggambaran atas arus dalam sebuah grafik, tentu saja karena dalam bentuk grafik maka kita dapat melihatnya sebagai seni gambar yang dapat disaksikan dengan indra penglihatan: mata.

Flowchart Adalah

Flowchart Adalah Prosedur Sistematis

Secara lebih profesional, flowchart adalah sekumpulan simbol-simbol grafis yang yang digambar dengan urutan tertentu sesuai prosedur hingga menjadi tanda atas aliran algoritma. Di sini algoritma dimaknai sebagai suatu prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dengan langkah-langkah tertentu. Sehingga, flowchart dapat juga diartikan sebagai gambar atau simbol yang saling berurutan untuk memberitahukan langkah-langkah atas suatu permasalahan dalam sebuah sistem algoritma untuk diperoleh suatu solusi penyelesaian.

Flowchart adalah aturan yang dibuat dengan tujuan utama untuk menyampaian rangkaian sistem informasi yang rumit menjadi tampak lebih simpel dan mudah dipelajari oleh pengguna awam. Dalam hal ini, flowchart hampir mirip dengan prosedur pemakaian suatu barang yang dibuat dalam gambar-gambar sederhana. Pembuatan flowchart dengan desain yang sederhana dapat memperjelas, memper-ringkas, dan memperlogis suatu prosedur, di mana hal ini akan membuat pengguna atau user atas suatu sistem dapat memahami langkah pemakaian sistem tersebut secara otodidak, atau paling tidak secara lebih mudah, tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain untuk mengajari.

Tiga Bagian Utama Flowchart 

Dalam pembuatan flowchart, perlu diperhatikan tiga bagian utama yang harus ditransfer dalam wujud gambar diagram. Ketiga bagian utama tersebut adalah bagian input, proses, dan output. Ketiga tersebut akan selalu menjadi inti atau dasar dari flowchart. Kemudian, aksesori dalam bentuk simbol-simbol lainnya hanyalah pendukung, namun juga memiliki peran yang penting untuk semakin meningkatkan kualitas flowchart, karena flowchart adalah suatu prosedur, maka semakin kaya ide-ide yang tertuang dalam suatu diagram, maka flowchart tersebut akan semakin mudah untuk dipahami oleh pengguna.

Dalam penggunaannya, flowchart memiliki beragam jenis, tidak hanya flowchart untuk mempelajari prosedur sistem berbasis komputer, namun juga berbagai macam prosedur yang lain. Berikut ini beberapa jenis flowchart: Flowchart Program, Dokumen, Data, dan Sistem. Keempat jenis flowchart tersebut memiliki fungsi utama yang sama, yaitu memberikan gambaran atas diagram aliran sistem yang dimiliki dari setiap objek untuk dipergunakan sebagai beragam prosedur. Perbedaannya terletak pada simbol-simbol pembuatan flowchart atau hal lainnya yang bersifat teknis. Intinya, flowchart adalah urutan prosedur yang sistematis dari sebuah sistem dalam bentuk gambar.
Facebook Twitter Google+