Interaksi Manusia dan Komputer Pengertian dan Maknanya

Interaksi manusia dan komputer sebenarnya selalu terjadi setiap waktu selama manusia masih mengoperasikan komputer. Setiap kali manusia melakukan pekerjaan yang melibatkan komputer, saat itu pulalah terjadi interaksi manusia dan komputer. Banyak orang yang tidak menyadari jika keberadaan manusia dan komputer yang saling berinteraksi tersebut telah menumbuhkan sebuah disiplin ilmu pengetahuan baru, sehingga interaksi manusia dan komputer atau yang juga akrab disebut sebagai

Interaksi Manusia dan Komputer

Human Computer Interaction (HCI) pun memiliki standar definisi tersendiri. Secara umum, interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer yang bersifat interaktif dengan pemakaiannya oleh manusia sebagai user. Era modern selalu menawarkan beragam pembaharuan-pembaharuan. Pembaharuan itu selalu menuntut manusia untuk terus berkembang agar tidak tertinggal oleh zaman. Keberadaan komputer sebagai hasil dari pembaharuan tersebut mau tak mau telah memaksa kita sebagai manusia untuk melakukan sebuah interaksi dengan mesin tersebut. Hasilnya, muncullah istilah interaksi manusia dan komputer.

Makna Definisi Interaksi Manusia dan Komputer

Mengacu pada definisi interaksi manusia dan komputer, bahwa hal tersebut merupakan salah satu disiplin ilmu terbaru yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi, maka Penulis menyimpulkan bahwa interaksi manusia dan komputer tersebut memiliki tujuan yang amat mulia untuk pengembangan sistem teknologi di masa mendatang.

Membicarakan maksud ungkapan “perancangan” dalam definisi interaksi manusia dan komputer berarti kita tengah membahas persoalan pengembangan pada segala hal terkait perangkat komputer, baik dari sisi hardware maupun software. Perancangan model terbaru terhadap perangkat keras ataupun lunak dari sebuah komputer merupakan sebuah usaha manusia untuk memanfaatkan kinerja sistem komputer secara lebih maksimal.

Kemudian "evaluasi" lebih mengacu pada upaya penilaian terhadap pencapaian yang telah didapatkan dari proses “perancangan” dalam bagian interaksi manusia dan komputer. Evaluasi penting dilakukan untuk menjaga kestabilan sistem komputer serta untuk menemukan hasil terbaik dari yang terbaik. Dan akhirnya hasil terbaik yang telah lolos dari proses evaluasi tersebut dapat diimplementasikan ke dalam sistem komputer untuk menunjang kinerja manusia sebagai user. Segala proses interaksi manusia dan komputer tersebut intinya pun untuk meningkatkan kualitas interaksi manusia dan komputer di masa selanjutnya.
Facebook Twitter Google+